c) Makanan Buatan


Saat ini tidak sulit mendapatkan makanan buatan yang berkualitas. Makanan buatan sangat baik untuk burung cucakrawa karena banyak mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan air. Kebutuhan gizi burung tersebut tidak akan terpenuhi kalau hanya mengandalkan buah-buahan dan serangga. Kandungan gizi yang lengkap dapat menjaga kestabilan cucakrawa dalam beraktivitas dan memperkecil kemungkinan burung tersebut terkena penyakit defisiensi. 

Memilih makanan buatan yang berkualitas jangan diukur dari kemasan (bungkus) atau harganya. Terkadang makanan buatan yang dikemas baik, tetapi salah dalam penyimpanannya dapat menurunkan kualitasnya. Kalau ragu, lebih baik dibeli makanan buatan yang murah dan biasanya dijual dalam bentuk kiloan.

Demi meningkatkan kandungan gizi, makanan buatan dapat ditambahkan madu, telur ayam, multivitamin (hemaviton), atau tepung cacing. Tentunya hal ini tidak menyulitkan karena keuntungan yang diperoleh juga cukup besar.

Pemberian makanan buatan jangan terlalu dipaksakan karena dapat berpengaruh buruk terhadap suara kicauannya. Biarkan burung cucakrawa memakan makanan buatan dengan kemauannya sendiri. Nantinya, cucakrawa akan menerima makanan tersebut sebagai makanan sehari-hari.


Next  Post  >>>>  d)  Makanan Tambahan



Lihat juga artikel lainnya   >>>>


    1. Pakan
        a) Pisang Kepok
        b) Pepaya
        c) Makanan Buatan
        d) Makanan Tambahan
   

    1. Stres
        a) Penyebab
        b) Gejala
        a) Penyebab
        b) Gejala
        c) Pencegahan dan Pengobatan
        a) Penyebab
        b) Gejala
        c) Pencegahan dan Pengobatan

D. Masa Ganti Bulu


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "c) Makanan Buatan"

Posting Komentar