Perlengkapan Kandang Seleksian Burung Cucakrawa

Di dalam kandang seleksian, disiapkan tenggeran dari cabang atau ranting kayu, tempat makan, tempat minum, penerangan listrik, dan hamparan pasir. Untuk melindungi burung dari dinginnya udara malam, bagian kandang yang terbuka harus ditutupi plastik transparan.

Pemberian listrik bertujuan untuk menerangi bagian dalam kandang, memberikan rasa hangat dan rasa aman pada burung. Dampak positif lainnya adalah hawa panas dalam kandang ternyata mempercepat pulihnya kondisi fisik burung bakalan. Hal ini pula salah satu penyebab burung cucakrawa mau berkicau dalam waktu relatif singkat.

Untuk menjaga suhu udara dalam kandang agar jangan terlalu panas, cukup ditempatkan lampu listrik pijar 4 watt atau lampu neon 10 watt untuk kandang berukuran sedang. Lampu diletakkan sekitar 40 - 50 cm di atas tenggeran. Penempatan lampu sebaiknya sebelum burung bakalan dimasukkan dalam kandang agar suhu udara di dalam terasa hangat.

Menghamburkan pasir pada dasar sangkar perlu dilakukan untuk memudahkan pembersihan kotoran burung. Disamping itu, hamburan pasir tisak membuat lembab udara di dalam kandang seleksian atau tetap memberi rasa hangat di dalamnya.

 

 

 

 

 

 



Next  Post  >>>>>



R Turut.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perlengkapan Kandang Seleksian Burung Cucakrawa"

Posting Komentar