Batasan Waktu Seleksian

Lamanya seleksian harus dibatasi karena bila burung sudah 2-3 bulan tidak mau berkicau, dapat diartikan mentalnya kurang baik. Untuk tetap merawatnya, harus dipertimbangkan karena akan menambah biaya perawatan yang tidak sebanding dengan hasilnya.

Umumnya setelah satu bulan dalam kandang seleksian, cucakrawa yang sehat sudah mau berkicau. Namun, bukan berarti kita sudah boleh mengambil cucakrawa yang berkicaunya baik. Dalam hal ini, kita harus menunggu sampai bulu cucakrawa tumbuh, terutama bulu ekor, cukup kuat dan tidak mudah patah. Hal ini untuk mengantisipasi saat burung ditangkap dan dimasukan dalam sangkar soliter. Untuk menghindari patahnya bulu bagian ekor, pengambilan cucakrawa dilakukan setelah 2 bulan atau lebih.
 
Cucakrawa yang kicauannya kurang baik dapat dijual atau ditukarkan dengan cucakrawa bakalan lain. Bakalan yang belum berkicau, tetapi fisiknya baik dan sehat, dibiarkan bersama dengan burung baru yang akan diseleksi. Kalau juga belum mau berkicau lebih dari 10 hari, cucakrawa tersebut diambil dan dilelang saja.
 
Saat yang baik untuk menangkap cucakrawa dalam kandang seleksian adalah sore menjelang malam. Pada saat itu, cucakrawa sudah mulai tidur sehingga mudah ditangkap. Namun, perlu diingat bahwa lampu jangan dinyalakan dan posisi burung harus sudah diketahui.


Other  Post   >>>>

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Batasan Waktu Seleksian"

Posting Komentar