Ciri-ciri Bakalan Cucakrawa Yang Baik dari Kemampuan Berkicau

2. Kemampuan Berkicau

Menyambung post artikel sebelumnya : Ciri-ciri Bakalan Cucakrawa Yang Baik dilihat dari kondisi kesehatannya, maka kali ini akan dibahas tentang bakalan cucakrawa dilihat dari kemampuannya berkicau.

Kemampuan setiap burung untuk berkicau tidak sama. Orang yang telah berpengalaman dengan cucakrawa bisa mengukur tingkat kerajinannya dari paruh yang dimiliki burung tersebut. Ciri ini susah dipahami penggemar pemula. Ciri yang lain dapat dilihat dari suara kokrokan dan paruhnya. Namun, hal itu bukan menjadi jaminan kalau tidak diimbangi dengan perawatan yang baik. Demikian sebaliknya, bakalan yang menunjukan ciri kurang baik, tetapi setelah dipelihara dengan baik dan sungguh-sungguh ternyata suara kicauannya dapat dibanggakan. Berikut hal-hal yang harus dipahami ketika memilih bakalan cucakrawa :

a) Suara kokrokan
Pada cucakrawa, suara kokrokan sudah menjadi ciri khasnya setiap melakukan gerakan melompat atau menghindar dari sesuatu yang mencurigakan. Suara kerrrook...kerroook...kerrook.....selalu dilakukan cucakrawa, baik yang bakalan maupun yang sudah lama dipelihara. Kokrokan yang besar dan keras selalu menjadi incaran para penggemar pada saat memilih cucakrawa.

 

 

 

 

 

 


b) Paruh
Bentuk paruh pada jenis burung berkicau bisa menjadi ukuran suara kicauannya, demikian juga pada cucakrawa. Akan tetapi, yang dapat diketahui hanya ketajaman dan tingkat kerajinannya dalam berkicau. Berikut beberapa hal yang dapat diamati :
  • burung berparuh panjang dan tidak terlalu tebal memiliki ketajaman suara yang baik dan rajin berkicau
  • cucakrawa dengan paruh panjang dan terlihat agak tebal memiliki suara kicauan yang keras dan berat (kurang lepas atau seperti ditahan-tahan)
  • cucakrawa dengan paruh pendek dan agak tebal biasanya kurang rajin berkicau
  • cucakrawa dengan paruh pendek dan terlihat tipis biasanya kurang rajin berkicau dan suara kicauannya tidak keras atau mengambang
Memahami bentuk atau tipe paruh burung cucakrawa memang bukan hal mudah karena sepertinya semua sama. Jadi, dapat disarankan di sini, cobalah mengira-ira dan membandingkannya antara satu cucakrawa dengan cucakrawa yang lain.
by R Turut 


Next  Post  >>>  Awas Cucakrawa Hasil Pancingan




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri-ciri Bakalan Cucakrawa Yang Baik dari Kemampuan Berkicau"

Posting Komentar